Mind Posting

Dreams Only Good When It Is Fullfiled...

Name:
Location: Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Friday, March 09, 2007

Khao Shan Road

Beginilah nasib orang yang rejekinya jauh, sekalinya kerja di Luar Negri, lokasi yang didapat jauh dari peradaban :D. Ya lokasi saya sebagaimana lokasi industri pada umumnya, terletak 40 km dari kota bangkok, di kota Krathum Bhan, dan dari kota Krathum Bhan sendiri, lokasi pabrik masih 6 KM lagi, jika menggunakan taxi dari Bangkok, Biaya yang harus keluar sekira Bath 300 (1 Bath = Rp 240).

Nyaris setiap akhir pekan, saya menghabiskan waktu di Bangkok, dan sebagai Home base saya memilih di Khao Shan Road. Awalnya hanya karena faktor bujet, Khao Shan Road adalah heaven for Backpackers. Segala macam kebutuhan turis ada disana, Mulai dari hotel berbujet rendah (Mulai dari Bath 250 saja), Resto, Bar, Pub, Jajanan Pinggir Jalan, Souvenir Shop, Spa berbujet rendah dan masih banyak lagi.

Khao shan semarak begitu matahari tenggelam, Jalan tertutup untuk kendaraan, penjual makanan jalanan mulai sibuk melayani pembeli, restoran mulai penuh. Beragam atraksi jalanan mulai dari pengamen tradisional, pendakwah missionaris, pengamen tradisional, sirkus tradisonal dan banyak lagi.

Khao Shan Road dikunjungi lebih dari 5000 turis setiap harinya, jangan harap bisa mendapatkan kamar hotel jika kita check in di atas jam 7 malam, pemandangan turis tidur dengan ransel di pinggir jalan, karena tidak kebagian kamar, adalah pemandangan yang biasa.

Dengan volume turis yang sebanyak itu, bayangkan perputaran ekonominya, andai saja 1 orang turis membelanjakan uangnya sekira USD 100 saja per hari, Devisa 500.000 USD muncul satu hari, hanya dari Khao Shan Road saja. Bayangkan jika satu bulan, bayangkan jika 1 tahun.

500 ribu Dolar itu setara dengan ekspor 50 kontainer kerajinan rotan di cirebon yang dihasilan oleh 1 bulan produksi pabrik rotan besar, 10 kontainer produk textile yang dihasilkan lewat 2 minggu kerja, Nilai ekonomis ini dimunculkan oleh Khao Shan Road dalam satu malam, mendatangkan devisa tanpa harus melakukan proses delivery.

Smart isnt it ???

2 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Wah di Thailand yeuh ayeuna mah ?

8:15 AM  
Anonymous Anonymous said...

Wah di Thailand yeuh ayeuna teh ?

8:47 AM  

Post a Comment

<< Home