Mind Posting

Dreams Only Good When It Is Fullfiled...

Name:
Location: Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Monday, August 06, 2007

Lagu Kebangsaan

Indonesia Raya satu stanza atau Indonesia Raya 3 Stanza menurut saya bukanlah hal penting, Menemukan file di sebuah server juga bukan hal yang penting, karena itu sudah menjadi basic skill bagi siapapun yang mampu mengakses Internet.

Yang paling penting fungsi dari lagu tersebut, di tempat saya tinggal, di thailand, Lagu kebangsaannya jauh lebih singkat dari lagu kebangsaan kita, namun efek psikologis bagi bangsanya luar biasa, semua orang thailand bangga menjadi orang thai, lihat saja jika ada kompetisi antar negara, jika thailand bertanding semangat supporternya tidak ada matinya.

Lagu kebangsaan thailand benar benar menjadi pemersatu semangat bangsa, lagu kebangsaan thailand diputar seaentero negeri setiap jam 8 pagi dan jam 6 sore, disaat pemutaran lagu kebangsaan semua kegiatan berhenti, semua berdiri menghormati lagu kebangsaan, somehow itu hanya ritual. Dalam implementasi sehari-hari lagu ini mampu menginspirasi rakyat thai untuk berbuat sesuatu tidak hanya untuk diri sendiri, melainkan juga untuk bangsa.


Bisakah kita meniru hal tersebut, daripada menjadikan lagu kebangsaan sebagai dasar sebuah isyu murahan saja.

1 Comments:

Blogger Unknown said...

Swadhi Kraap

Nice post
icreasing my knowledge
:-)

1:45 AM  

Post a Comment

<< Home